Asyiknya Shopping 7 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru


Pekanbaru, salah satu kota terbesar di Indonesia ini memang tidak pernah sepi dari keramaian. Setiap tahunnya, banyak sekali wisatawan lokal maupun asing yang mengunjungi kota yang terletak di Kalimantan ini baik untuk berlibur, travelling, atau bahkan melakukan kegiatan Pekanbaru shopping. Hal tersebut tentu tidak mengherankan mengingat banyaknya oleh-oleh khas Pekanbaru. Berikut di bawah terdapat 7 oleh-oleh khas Pekanbaru yang pantas Anda beli ketika berkunjung ke Pekanbaru:


Ikan Selai


Memang kurang puas rasanya kalau berbelanja di Pekanbaru atau Pekanbaru shopping tanpa membeli ikan selai. Ikan selai adalah salah satu makanan khas Pekanbaru yang sangat terkenal, untuk membuatnya dibutuhkan ikan laut yang masih segar, sehingga dapat tercipta sebuah makanan yang lezat. Ikan yang masih segar tersebut nantinya harus dikeringkan untuk diasap. Menu ikan selai ini bahkan juga dapat dengan mudah Anda temukan di berbagai hotel Pekanbaru. Di Pekanbaru sendiri, Kabupaten Pelalawan adalah daerah yang mana penduduknya sangat gemar sekali mengkonsumsi makanan khas Pekanbaru yang satu ini.


Es Air Mata Pengantin


Setelah seharian keliling Kota Pekanbaru, tidak ada kegiatan yang lebih nikmat selain menyantap Es Air Mata pengantin. Es yang satu ini mudah sekali ditemukan di pusat perbelanjaan Pekanbaru atau Pekanbaru shopping. Karena udara di Pekanbaru cukup panas, maka akan terasa sangat nikmat apabila anda menikmati es air mata pengantin. Meskipun namanya sedikit aneh, tetapi es air mata pengantin ini terasa sangat segar dengan agar-agar berwarna warni di dalamnya. Es air mata pengantin juga berisi biji selasih, sari kelapa, blewah, dan serutan es batu. Pokoknya es air mata pengantin ini sangat cocok anda nikmati ketika udara panas bersama teman-teman ketika bermalam di hotel Pekanbaru.


Gantungan Kunci


Apabila Anda jalan-jalan untuk shopping di Pekanbaru, maka jangan lupa untuk membeli gantungan kunci. Jenis oleh-oleh yang satu ini sangat cocok untuk dibawa pulang untuk teman-teman anda, maka gantungan kunci khas Pekanbaru adalah oleh-oleh yang sangat tepat dan terjangkau. Biasanya gantungan kunci ini dijual dengan harga 10 hingga 15 ribu per buahnya. Anda tidak perlu pergi ke mall untuk membelinya, anda dapat dengan mudah menemukannya di toko-toko pinggir jalan di Pekanbaru atau bahkan di sekitar hotel Pekanbaru di mana anda menginap.


Lempuk Durian


Dari namanya saja, Anda sudah dapat mengetahui bahwasannya bahan utama makanan khas ini adalah durian. Lempuk durian ini sebenarnya adalah makanan khas Provinsi Riau, tetapi makanan ini jug sangat banyak dijual di Pekanbaru. Sekilas memang makan ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan dodol. Lempuk druian adalah makanan khas Pekanbaru yang bukan lagi terkenal di dalam negeri, tapi juga sampai diekspor ke luar negeri, khususnya negara-negara di Asia. Pokoknya jangan sampai Anda lupa untuk membeli lempuk durian ketika shopping di Pekanbaru.


Es laksamana Mengamuk


Apabila anda pernah bermalam di hotel Pekanbaru, tentu es laksamana mengamuk sudah tidak asing lagi bagi Anda. Sama seperti es air mata pengantin, es laksamana mengamuk ini juga sangat cocok untuk dinikmati ketika siang hari. Bahan utama pembuatan es ini adalah buah kuini yang mana konon katanya juga nama es ini diambil ketika ada seorang laksamana yang mengamuk di kebun kuini. Ketika laksamana mengamuk, maka buah kuini pun berjatuhan yang akhirnya dibuat es oleh warga sekitar.


Keripik Nanas


Nanas adalah salah satu jenis buah yang sangat melimpah di Pekanbaru, maka tidak mengherankan apabila terdapat berbagai macam makanan khas pekanbaru yang berasal dari nanas, salah satunya adalah keripik nanas. Tahap awal pembuatan keripik nanas adalah dengan mengupas kemudian merebusnya mencampurnya denganbumbu dan menjemurnya. Setelah kering, barulah keripik nnas siap untuk digoreng dan dinikmati oleh banyak orang. Keripik nanas ini sangat mudah anda jumpai di Pekanbaru.


Kaos Khas Pekanbaru

Memang rasanya selalu ada yang kurang apabila anda mengunjungi suatu tempat tertentu namun tidak membeli kaos yang bertuliskan nama tempat tersebut. Tentu kaos yang bertuliskan I love Pekanbaru benar-benar dapat menjadi sebuah oleh-oleh yang sangat menarik bagi keluarga ataupun teman-teman anda. Kaos seperti ini biasanya dijual dengan harga 25 ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung dengan kualitas dan brand. Biasanya Anda dapat dengan mudah menemukan banyak orang yang menggunakan kaos seperti ini baik ditempat umum maupun di dalam pusat perbelanjaan Pekanbaru/Pekanbaru Shopping.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar