Gegap Gempita IPTEK oleh Anak Negeri dalam Habibie Festival 2016!

Sebelum perayaan 17 Agustus tahun ini, ada pula perayaan untuk sebuah sejarah, prestasi, cinta, dan cita-cita. Salah satu putra terbaik Indonesia, BJ Habibie masih diberi usia panjang 80 tahun pada 2016 ini. Dengan begitu banyak peran yang diambil beliau dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di Indonesia, Habibie Festival ini seperti saksi pemutar waktu mengenang itu semua dan memberikan apresiasi terhadap prestasi IPTEK yang diraih oleh anak negeri.

Habibie Festival 2016  - 11 - 14 Agustus di Museum Nasional

Habibie Festival akan diselenggarakan selama empat hari, 11-14 Agustus. Acaranya bertempat di Museum Nasional Indonesia, Jakarta Pusat. Alamat tepatnya berada di Jl. Medan Merdeka Barat No. 12, Gambir. Harga tiket masuk (HTM) Museum Nasional Indonesia itu variatif. HTM anak-anak: Rp 2.000; dewasa: Rp 5.000; warga negara asing: Rp 10.000. Lokasi Museum Nasional Indonesia cukup mudah untuk diakses dengan menggunakan transportasi publik. Kalau menggunakan kereta, turun di Stasiun Juanda. Lalu, teruskan perjalanan dengan naik Busway Transjakarta dari Halte Juanda dan turun di Halte Monas.

Kemudian, adapun beberapa tujuan yang mendasari keberlangsungan Habibie Festival. Pertama, untuk merayakan ulang tahun BJ Habibie yang ke-80 dan kontribusinya terhadap IPTEK di Indonesia. Kedua, untuk menyatukan seluruh organisasi yang berhubungan dengan BJ Habibie. Ketiga, untuk menginformasikan kepada publik tentang perkembangan terakhir di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia yang dimotori oleh organisasi, pemerintah, institusi, korporasi, dan masyarakat yang berdampak bagi masa depan Indonesia. Keempat, untuk mengangkat semua inovasi yang dihasilkan dari komunitas STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) di Indonesia. Kelima, peluncuran Berkarya Indonesia sebagai sebuah gerakan nasional dengan slogan “Membudayakan Teknologi”.



50 Pameran Teknologi di Habibie Festival 2016

Sesuai yang sudah direncanakan, acara akan dibuka pada Kamis, 11 Agustus 2016, pukul 09.00 WIB dengan pameran pesawat N-250 dan kendaraan tempur di halaman Museum Nasional Indonesia. Lalu, segera disusul dengan pembukaan resmi Habibie Festival di auditorium. Selanjutnya, kegiatan yang ada akan menjadi milik semua usia tanpa terkecuali. Tidak hanya orang dewasa yang bisa mengenal sains, anak-anak pun turut dilibatkan dan distimulus daya tariknya terhadap sains.
Sudah sejak jauh-jauh hari, Habibie Festival sudah didesain sedemikian rupa agar acaranya berlangsung meriah dan penuh spirit positif bagi banyak orang. Gegap gempita IPTEK oleh anak negeri ini harusnya akan tercermin dalam Habibie Festival, ya seperti apa yang sudah diharapkan oleh semua pihak terkait pelaksanaan acara.

Di samping itu, acara yang diselenggarakan ini berdasar kepada dua filosofi yang sangat mengendap dalam jiwa BJ Habibie. Beliau meyakini terhadap cara-cara pendekatan humanis yang fokus pada manusia. Beliau juga meyakini bahwa teknologi berfungsi untuk meningkatkan kualitas hidup suatu kaum. Ya, ketika teknologi disertakan sentuhan humanisme, hasilnya itu sungguh luar biasa.
Terlebih lagi, beliau juga menaruh perhatian khusus terhadap isu-isu keagamaan, kebudayaan, pendidikan, politik, dan lain-lain. Jasa dan sumbangsih beliau terhadap tanah air tercinta ini begitu besar, terutama untuk perkembangan teknologi penerbangan di Indonesia. Jadi, kiranya pantaslah mengenang dan mengapresiasi dedikasi seorang BJ Habibie terhadap IPTEK dengan penyelenggaraan Habibie Festival. Beliau adalah inspirator sekaligus motivator bagi seluruh anak negeri.

Teman, tidak ada ruginya jika kita berkunjung ke acara ini. Waktu yang terbuang akan tergantikan dengan wasawasan baru yang cemerlang. Dengan demikian, mari kita bersama-sama turut serta meramaikan Habibie Festival, baik itu sebagai pengunjung acara maupun peserta acara.


Habibie Festival
www.habibiefestival.com
www.twitter.com/habibiefestival
www.instagram.com/habibiefestival

Tidak ada komentar:

Posting Komentar